Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Universitas Samudra Dimulai 2 Juni dan Berakhir Pada 20 juni 2020 

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Universitas Samudra Dimulai 2 Juni dan Berakhir Pada 20 juni 2020 
Rektor Universitas Samudra Langsa Dr Bachtiar Akob, M.Pd.

LANGSA,(PAB)---

Rektor Universitas Samudra Dr.Bachtiar Akob, M.Pd yang di wakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Saiman, M.Pd menyampaikan bahwa pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilakukan bersamaan yaitu tanggal 02 – 20 Juni 2020.

UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan dikarenakan kondisi nasional saat ini sedang menghadapi Pandemic Covid-19, “pemanfaatan waktu dan sistem harus dilakukan seoptimal mungkin agar kita tetap dapat melaksanakan pendaftaran UTBK dan SBMPTN ditahun ini sesuai jadwal” ujar Dr Bachtiar Akob,M.Pd melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Saiman, M.Pd.

Ia menambahkan, bagi peserta yang ingin mendaftar harus telah memiliki akun LTMPT dan login di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Kemudian peserta memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN. Para peserta hanya bisa mendaftar satu kali dengan biaya Rp150 ribu yang dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Sedangkan bagi peserta yang memiliki nomor KIP Kuliah tidak dipungut biaya.

Bagi para peserta yang telah lulus SNMPTN tidak diperkenankan untuk mendaftar UTBK-SBMPTN lagi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi para peserta yang akan mendaftar jalur SBMPTN. Peserta hanya boleh memilih maksimal 2 (dua) program studi di satu PTN atau 2 (dua) PTN yang sejenis masing-masing 1 (satu) program studi. 

Untuk pemilihan program studi, kata Saiman lagi, para peserta diminta untuk memilih yang sesuai dengan persyaratan SMTA yang telah ditetapkan PTN, dan ini dapat dilihat di laman https://ltmpt.ac.id. Peserta juga dianjurkan memiliki lokasi tes yang paling dekat dengan tempat tinggalnya.

Adapun materi yang diuji ditahun ini hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan disekolah formal, khususnya Pendidikan Tinggi. 

Kemampuan ini, lanjut dia lagi, meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Setiap peserta hanya diizinkan mengambil satu kali tes. Waktu pelaksanaan tes dilakukan empat sesi dalam satu hari, ujarnya.

Dr. Saiman, M.Pd juga menghimbau agar calon peserta selalu rutin memantau laman LTMPT agar dapat memperbaharui informasi. 

Ia juga berpesan agar para peserta dapat mengisi data dengan benar dan tepat. “Kalau sudah disimpan permanen atau sudah mencetak kartu, data tidak dapat diubah lagi. Walaupun peserta tersebut melakukan registrasi ulang atau membayar kembali biaya pendaftaran”.

Lebih lanjut Saiman menjelaskan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini akan berlangsung pada tanggal 05-12 Juli 2020. Setiap hari dilaksanakan 4 (empat) sesi, untuk wilayah Aceh dan Sumatera Utara sesi I, pukul 07.00 – 09.15 WIB, sesi II pukul 09.45 – 12.00 WIB, sesi III pukul 13.00 – 15.15 WIB dan sesi lV pukul 16.00 – 18.15 WIB. Khusus hari Jumat dilaksanakan dua yaitu sesi I, pukul 08.00 – 10.15 dan sesi II, pukul 14.00 – 16.15 WIB. Pengumuman kelulusan SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Bagi peserta yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan dalam pendaftaran UTBK dan SBMPTN, setiap tahunnya Universitas Samudra (Unsam), menyediakan layanan bantuan (helpdesk) secara gratis dan dapat menghubungi no HP 0852 7635 8449. (Boy)

Berita Lainnya

Index